Prefab
Oke kali ini kita akan membuat prefab. Apa itu prefab ? Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali.
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat tutorial berikut
Buatlah project baru atau scene baru diproject yang sudah ada. Lalu buatlah 'Plane', berinama 'Lantai1'
Aturlah main camera sehingga menjadi tampilan seperti berikut
Buat 'Plane' baru, berinama 'Lantai2' lalu ubah ukuran nya menggunakan Scale Tool dan posisi kan menjadi seperti berikut(Rotate Tool)
Lalu kita buat 'GameObject Child'.
Klik pada 'Lantai2', lalu klik menu 'GameObject', pilih Create Empty Child
Lalu rename menjadi 'TitikJatuh', jika berhasil tampilan nya seperti ini
Atur posisinya sedikit diatas 'Lantai2'
Selanjutnya buat 'Spphere', rename menjadi 'myball'
Bosen warna bola nya putih aja ?
Kasih gambar, caranya buat folder 'gambar'(Opsional, biar rapih aja), lalu cari gambar. Drag and Drop gambar tersebut ke folder 'gambar' atau Assests langsung.
Jika sudah Drag and Drop lagi gambar tadi yang ada di folder 'gambar' ke bola(folder 'Materials' otomatis terbuat).
Klik MyBall dan tambahkan RigidBody
Rigibody ini adalah komponen yang membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan mempunyai gaya gravitasi.
Buat 'Physic Material' dan beri nama Bounce.
Lihat pada jendela 'Inspector'. Ganti 'Bounciness' menjadi 0.9 untuk efek memantul.
Selanjutnya buat 'Prefab', lalu berinama 'myball'
Drag and Drop myball pada jendela 'Hierarchy' ke 'Prefab' yang tadi sudah dibuat.
Jika ingin menggunakan nya, cukup di drag saja 'Prefab' yang tadi sudah dibuat ke layar scene
Selanjutnya buat script dan berinama 'GandakanBola'.
Lalu pasangkan script tersebut di GameObject mana saja(ditutorial ini pasang di Lantai1)
Jika berhasil bola akan memantul
*Note
Posisikan bola lebih tinggi supaya tau memantul atau tidaknya
Kunjungi https://www.budiluhur.ac.id/
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat tutorial berikut
Buatlah project baru atau scene baru diproject yang sudah ada. Lalu buatlah 'Plane', berinama 'Lantai1'
Aturlah main camera sehingga menjadi tampilan seperti berikut
Buat 'Plane' baru, berinama 'Lantai2' lalu ubah ukuran nya menggunakan Scale Tool dan posisi kan menjadi seperti berikut(Rotate Tool)
Lalu kita buat 'GameObject Child'.
Klik pada 'Lantai2', lalu klik menu 'GameObject', pilih Create Empty Child
Lalu rename menjadi 'TitikJatuh', jika berhasil tampilan nya seperti ini
Atur posisinya sedikit diatas 'Lantai2'
Selanjutnya buat 'Spphere', rename menjadi 'myball'
Bosen warna bola nya putih aja ?
Kasih gambar, caranya buat folder 'gambar'(Opsional, biar rapih aja), lalu cari gambar. Drag and Drop gambar tersebut ke folder 'gambar' atau Assests langsung.
Jika sudah Drag and Drop lagi gambar tadi yang ada di folder 'gambar' ke bola(folder 'Materials' otomatis terbuat).
Klik MyBall dan tambahkan RigidBody
Rigibody ini adalah komponen yang membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan mempunyai gaya gravitasi.
Buat 'Physic Material' dan beri nama Bounce.
Lihat pada jendela 'Inspector'. Ganti 'Bounciness' menjadi 0.9 untuk efek memantul.
Selanjutnya buat 'Prefab', lalu berinama 'myball'
Drag and Drop myball pada jendela 'Hierarchy' ke 'Prefab' yang tadi sudah dibuat.
Jika ingin menggunakan nya, cukup di drag saja 'Prefab' yang tadi sudah dibuat ke layar scene
Selanjutnya buat script dan berinama 'GandakanBola'.
Lalu pasangkan script tersebut di GameObject mana saja(ditutorial ini pasang di Lantai1)
Jika berhasil bola akan memantul
*Note
Posisikan bola lebih tinggi supaya tau memantul atau tidaknya
Kunjungi https://www.budiluhur.ac.id/
Prefab
Reviewed by Have
on
April 13, 2020
Rating:
Tidak ada komentar